News Update :
Home » » MEMORANDUM

MEMORANDUM

Rabu, 21 November 2012 08.11



MEMORANDUM
PEMBENTUKAN LEMBAGA KAJIAN STRATEGIS
(LEKAS)
PEMBANGUNAN BOGOR RAYA

1. PENDAHULUAN          

Dengan landasan niat dan sikap yang bersumber dari tingkat kepedulian yang tinggi, setelah memperhatikan realita yang selama ini terjadi di wilayah Bogor dan sekitarnya, sehingga dipandang perlu untuk menyikapi, mensiasati, dan mencari penyelesaian dari setiap persoalan dan tantangan yang sedang maupun yang akan dihadapi masyarakat dan pemerintah Bogor kedepan.

Maka dalam kaitan ini, telah terdapat kesepahaman kami untuk membentuk sebuah lembaga yaitu ”Lembaga Kajian Strategis (LEKAS) PEMBANGUNAN BOGOR RAYA”, sebagai perpaduan dari berbagai unsur tim intelektual yang dibentuk dengan tujuan yang bersifat ideal, agar menjadi lembaga penghela Bupati/Wakil Bupati maupun Walikota/Wakil Walikota agar dapat secara mantap, aman, tenang, dan tanpa gangguan dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan mandat pembangunan masyarakat.

Dewasa ini, persoalan pembangunan dan problema masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor sangatlah kompleks. Baik persoalan pendidikan, kesehatan, tenaga kerja dan pengangguran, perekonomian, infrastruktur, tata ruang, kesemrautan penataan pasar tradisional dan kemacetan lalulintas, anicaman tindak kriminal dan penggunaan narkoba, kerusakan lingkungan, serta dekadensi moral generasi muda dan tantangan sosial keagamaan yang cukup berat dan serius.

Pada era otonomi daerah saat ini, faktor yang dapat menunjang keberhasilan pembangunan Bogor Raya saat ini dan kedepan, tidak terlepas dari 4 (empat) faktor. Pertama ; terwujudnya peningkatan partisifasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Kedua ; terwujudnya transformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik. Ketiga ; figur seorang pemimpin yang memiliki kompetensi dan kedekatan dengan semua lapisan masyarakat. Keempat ; pengelolaan sumberdaya ekonomi secara profesional.

Kehadiran LEKAS - P Bogo Raya, diharapkan dapat mengambil peran strategis dalam pembangunan Bogor kedepan, dengan melakukan berbagai kajian strategis sejalan dengan isyu-isyu pokok masalah pembangunan di Kabupaten maupun di Kota Bogor yang mencuat selama ini. Diantaranya, pada bidang Ekonomi ; (masih rendahnya pertumbuhan ekonomi masyarakat, penerimaan hasil daerah belum maksimal, belum terjangkaunya pemerataan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat).  Politik ; (peran partai politik belum optimal, potensi konflik masih besar). Hukum ; (penegakan supremasi hukum belum sepenuhnya berjalan, masih tingginya pelanggaran hukum, pembinaan oleh aparat penegak hukum sangat lemah, masyarakat sadar hukum masih sangat kurang, soaialisasi peraturan perundangan masih sangat lemah). Pendidikan ; (mutu pendidikan rendah, biaya pendidikan masih mahal dan belum sanggupnya pemerintah berkomitmen membebaskan biaya pendidikan, korupsi birokrasi pendidikan masih sangat tinggi, lambannya penuntasan buta aksara, lambannya penuntasan Wajar Dikdas 12 tahun). Kesehatan ; (ancaman penyakit menular masih tinggi, banyak daerah endemis penyakit belum tertangani, biaya kesehatan tinggi dan belum terjangkau masyarakat, ancaman HIV/AIDS makin luas, rendahnya pelayanan dan animo masyarakat untuk memenfaatkan pengobatan di Puskesmas, korupsi birokrasi kesehatan masih terjadi). Lingkungan Hidup ; (kerusakan alam seperti situ, sungai, hutan, dan perbukitan masih terus berlangsung, pencemaran tanah, air, dan udara belum tertangani dengan baik, ancaman kerusakan alam terus terjadi). Hankam ; (kriminalitas cenderung makin tinggi, peredaran dan penggunaan narkoba masih meluas, ancaman penyelundupan terbuka). Tenaga Kerja ; (pengangguran masih tinggi, ancaman PHK makin tinggi, perhatian pemerintah pada tenaga kerja masih rendah, kasus perburuhan masih tinggi). Soaial dan Agama ; (PSK dan anak jalanan belum tertangani dengan baik, potensi pertikaian masyarakat masih ada, dekadensi moral, pornografi dan sex bebas dikalangan remaja dan generasi muda, pembinaan keagamaan masih belum optimal). Dan persoalan-persoalan lain sejalan dengan dinamika masyarakat yang terus terjadi.

Sangat disadari, bahwa posisi strategis jabata Bupati/Wakil Bupati maupun Walikota/Wakil Walikota Bogor kedepan akan menghadapi tantangan berat, baik politis, sosial, ekonomi, maupun secara moral dan spiritual. Sehingga diperlukan adanya sebuah lembaga kajian yang dapat mendukung agar Bupati dan Wakilnya serta Walikota dan Wakilnya benar-benar dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara aman, dan sukses bagi kemajuan masyarakat Bogor kedepan tanpa ada rongrongan yang berarti secara politis, sosial, maupun moral.

II. TUJUAN

Tujuan didirikan LEKAS Bogor Raya ini, adalah :
  1. Merupakan kelompok kajian ilmiah dan kritis, yang bergerak dalam bidang konsultasi dan fasilitasi personal publik dibidang program kebijakan dan perencanaan pembangunan, pelayanan publik, ekonomi, bisnis, perdagangan, tenaga kerja, politik, dll
  2. Membantu menjaring aspirasi dan masukan dari seluruh stokeholder pembangunan untuk kepentingan pembangunan Bogor oleh dinas instansi terkait.
  3. Memberi masukan, saran, pendapat, kritik dan koreksi bagi Bupati dan Walikota berikut jajarannya dalam berbagai bentuk, sesuai persoalan dan kebutuhan aktual di lapangan.
  4. Menyalurkan harapan, keinginan, cita-cita stokeholders maupun penentu kebijakan di Bogor dalam penjabaran program aksi yang menyentuh langsung ke masyarakat sampai akar rumput (grassroot) secara menyeluruh.
  5. Memfasilitasi berbagai kepentingan, kebutuhan, dan penugasan khusu dari penentu kebijakan baik, eksekutif, legislatif, dinas dan instansi serta lembaga lain, maupun dari masyarakat umum yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, penyusunan program pembangunan melalui hasil penjaringan aspirasi dan kajian yang konprehenshif.
  6. Bekerjasama dengan para ahli, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan semua stokeholders pembangunan di Bogor, menyusun program aksi strategis bagi kepentingan pembangunan Bogor yang dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  7. Dapat mengembangkan diri melalui unit layanan dan kepanjangan tangan lembaga pada tingkat Kecamatan dan atau Desa/Kelurahan di seluruh Bogor maupun tempat lainnya yang disepakati sesuai kepentingan aktual di lapangan.

III. PRINSIP

Prinsip-prinsip yang dijalankan LEKAS Pembangunan Bogor Raya adalah :
  1. Berpegangan pada komitmen moral dan etika yang dianut masyarakat Bogor.
  2. Menjalin kerjasama dan keutuhan masyarakat Bogor yang heterogen.
  3. Mengedepankan jiwa pengabdian dan loyalitas yang tinggi bagi kepentingan masyarakat dan kemajuan Bogor.
  4. Tidak menimbulkan rongrongan bagi Bupati maupun Walikota serta tidak mengganggu kebijakan keduanya yang berpijak pada kepentingan masyarakat luar dan kemajuan Bogor umumnya.
  5. Mengutakan kemampuan profesional dan hubungan kelembagaan kedalam maupun keluar lembaga, serta siap bekerjasama sesuai prioritas program.
  6. Jujur dan transparan dalam setiap kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan.
  7. Aspiratif dan responsif terhadap berbagai masukan, saran, pendapat, dari seluruh stokeholders pembangunan Bogor.
  8. Tidak alergi kritik yang dapat mengoreksi kekeliruan personil dan kelembagaan sesuai mekanisme yang berlaku.
  9. Mengedepankan sikap kritis namun objektif dan tidak anarkis, serta arogan dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan.
  10. Secara khusus memiliki komitmen untuk mengawal, mengawasi dan mengkritisi, serta memberi masukan terkait pelaksanaan program andalan, ”Bebas” dari segala aspek yang telah direncanakan Bupati maupun Walikota sehingga dapat berjalan lancar, epektif dan mencapai sasaran.

IV. BIDANG KAJIAN STRATEGIS

Bidang kajian strategis yang menjadi fokus LEKAS Pembangunan Bogor Raya, diantaranya adalah :
  1. Bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, dan pembangunan serta aspek yang terkait dengan pelaksanaan program tersebut di dalamnya.
  2. Bidang layanan  publik, perencanaan anggaran dan program dinas instansi, kelembagaan, Ormas, OKP, LSM, Pers, termasuk penetapan personil dan penataan yang terdapat didalamnya.
  3. Bidang politik, hukum, keamanan dan persoalan lain terkait dengan rasa aman, nyaman, tenang, dan tertib dalam masyarakat.
  4. Membuka diri, mengembangkan kajian  kritis dan objektif pada bidang lain yang sejalan dengan visi misi LEKAS Pembangunan Bogor Raya, dengan tetap berpegang teguh pada tujuan awal didirikannya lembaga kajian ini, sejalan dengan perkembangan dan aktualisasinya di masyarakat Bogor.

                                                                                       Bogor, 5 September 2009
YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright News "Lekas-P" Bogor Raya 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.